ITB Bandung

Sekolah Internasional Nehru Memorial di Bandung

By: Risca Adityarini Surono
12 Mei 2006 15:22 WIB

Proyek ‘Sekolah Internasional Nehru Memorial’ ini adalah karya tugas akhir sarjana Risca Adityarini Surono dibawah bimbingan Ir. Eko Purwono, MS. Arch. S., di Departemen Arsitektur ITB. Karya ini terpilih sebagai Karya Tugas Akhir Terbaik 2005.



Penjelasan Proyek

Judul Proyek: Nehru Memorial International School
Lokasi: Setiabudhi, Bandung
Luas Lahan: 20,000 m2
Luas Bangunan: 7,000 m2
Mata Kuliah: AR40Z0, Tugas Akhir Perancangan di Departemen Arsitektur, Institut Teknologi Bandung (ITB) Tahun 2004/2005
Mahasiswa: Risca Adityarini Surono
Pembimbing: Ir. Eko Purwono, MS. Arch. S.

Sekolah Internasional Nehru Memorial memiliki falsafah unik yang diturunkan dari ajaran Jawaharlal Nehru yang menekankan persatuan, perdamaian, dan saling pengertian berbagai budaya dan latar belakang.

Mengacu kepada falsafah tersebut, rancangan sekolah ini menggunakan konsep ‘Memorable Places’ dimana ruang-ruang dan bangunan disusun selain untuk memenuhi kebutuhan fungsional, juga dibuat untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi para siswa, dan mendorong terjadinya interaksi sosial para siswa.

Sekolah ini terletak di kawasan hunian terkemuka di Bandung. Lahan yang curam dimanfaatkan untuk menghasilkan ruang-ruang tempat para siswa bermain dan bersosialisasi.





Komentar Pembimbing:



Risca Adityarini Surono lulus dari Departemen Arsitektur, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2005. Risca adalah pemenang ke-2 'Sayembara Perumahan Murah Tahan Gempa', ITB pada tahun 2005, dan bersama PSUD (Pusat Studi Urban Desain), menjadi finalis sayembara 'Nusa Dua International Architecture Competition' pada tahun yang sama. Sekarang Risca bekerja di DP Architects Pte. Ltd., Singapura.

Posting Komentar