LIGA SPANYOL

Bojan Jadi Tumpuan

Lewat kemenangan impresif 4-1 kontra Athletic Bilbao, tepat tiga bulan lalu di Estadio Mestalla, Barcelona merengkuh gelar Copa del Rey. Trofi yang juga dikenal dengan Piala Raja Spanyol itu terasa sangat spesial karena berhasil menjadi pemantik lahirnya sejarah triplete bagi Azulgrana.

Bojan Krkic, diharapkan mampu tampil prima saat Thierry Henru dan Zlatan Ibrahimovic absen. (Foto: AFP)

Maklum, tiga hari setelah kepastian trofi Copa ke-25 itu masuk ke dalam lemari kaca Camp Nou, Carles Puyol dkk. memastikan gelar La Liga. Sepuluh hari kemudian, musim 2008/09 menjadi lengkap dengan kemenangan 2-0 atas Manchester United di final Liga Champion yang mentas di Roma.

Ahad (16/8), Barca kembali ditantang Bilbao dalam tajuk Supercopa Espana alias partai penyingkap musim kompetisi domestik 09/10. Bilbao, yang akan bertindak sebagai tuan rumah di San Mames pada laga 1st leg ini, didaulat sebagai kontestan bermodal status finalis Copa.

Sejak pertama kali dipentaskan dengan nama Supercopa pada 1982, tendensinya adalah sang kampiun La Liga yang lebih sering muncul sebagai pemenang ketimbang si juara Copa. So, jika mengacu pada patron baku ini, Blaugrana lebih layak dijagokan.

Masalahnya, apakah upaya meraih titel Supercopa kedelapan, guna menyamai prestasi Real Madrid, ini didapat secara mutlak? Dalam artian apakah Barca mampu menyapu skor sejak di 1st leg atau harus membalikkan kedudukan saat ganti menjamu Los Leones di 2nd leg pada pekan depannya?

“Kami telah melalui pramusim dengan hasil positif. Bahkan bisa dibilang sangat baik (Barca tak menderita kekalahan sama sekali),” ujar Maxwell, bek kiri Barca yang baru dibeli dari Internazionale, seperti dikutip dari situs resmi klub. “Berbekal spirit serta pengalaman tinggi seluruh pemain, saya pikir kami mampu melakukan start bagus di Supercopa.”

Hanya, meski merasa optimistis, Maxwell tampak tidak akan diturunkan Minggu nanti. Pep Guardiola selaku pelatih mengungkapkan dirinya tak berencana memakai amunisi anyar di San Mames. Artinya, muka-muka lama yang bakal diandalkan sang entrenador.

Bicara muka lama, berarti di antaranya bakal nongol sosok Bojan Krkic. Sepeninggal Samuel Eto’o dan kepastian urung tampilnya Zlatan Ibrahimovic, akuisisi anyar selain Maxwell, Bojan amat mungkin turun sejak kick-off. Apalagi kans Thierry Henry beraksi juga minim akibat cedera yang diderita bomber Les Bleus itu saat uji coba terakhir versus Chivas Guadalajara, pekan lalu.

Ditambah kiprah subur Bojan selama pretemporada (Bojan mencetak tiga gol), semakin besar peluang penyerang berdarah Serbia itu memulai laga. “Saat dibutuhkan saya siap tampil di posisi mana pun asalkan Barca menang,” kata Bojan pada Catalunya Radio.

Barca jelas harus mewaspadai faktor Bilbao, yang telah merasakan aroma kompetitif di Europa League. “Baik bagi kami karena telah bermain di laga resmi. Kami akan siap,” ujar Pablo Orbaiz, gelandang senior Leones.

Posting Komentar