Piala Dunia 2010

Kep. Faroe vs Prancis 0-1
Yang Penting Tiga Poin

Setelah kalah dalam pertandingan perdana kontra Austria, Prancis tak pernah lagi gagal memetik poin di laga kualifikasi Grup 6 zona Eropa. Tim asuhan Raymond Domenech ini melaju dengan empat kemenangan dan sekali seri.

Terakhir, ketika melawan Kep. Faroe pada Rabu (12/8), Prancis juga hanya bisa unggul 1-0 lewat gol tunggal Andre Pierre Gignac pada menit ke-39. Itulah gol perdana bomber Toulouse tersebut saat mengenakan kostum timnas.

Domenech bisa jadi merasa lega. Kemenangan itu membuat Prancis menjaga peluang menuju Afrika Selatan. Les Bleus kini berada di peringkat kedua di bawah Serbia.

Tetapi, bukan berarti kiprahnya lolos begitu saja dari pengamatan. Penampilan Prancis sepanjang kualifikasi dinilai sangat tidak meyakinkan.

Dalam dua pertandingan sebelumnya melawan Lituania (28/3 dan 1/4), Prancis hanya menang dengan skor 1-0. Itu pun dengan catatan bahwa masing-masing gol diciptakan oleh Franck Ribery, yang notabene seorang gelandang.

Hasil imbang kontra Rumania pada awal Oktober tahun lalu juga memperlihatkan hal serupa. Dua gol Prancis dicetak oleh Ribery dan Yoann Gourcuff. Ini jelas menjadi masalah serius yang harus segera bisa diatasi.

Well, Domenech sepertinya memiliki prinsip baru. Bos yang naik pangkat dari timnas Prancis U-21 ini lebih mengutamakan kemenangan dibanding permainan memikat.

Kecenderungan itu terlihat saat menghadapi Kep. Faroe, negara berperingkat 163 FIFA. Sekadar mencari aman, Domenech menurunkan dua gelandang bertahan sekaligus, yakni Lassana Diarra dan Jeremy Toulalan.

"Ini adalah pertandingan yang bisa membawa kami ke Afrika Selatan atau membuat kami terlempar dari kualifikasi. Apa pun yang menghalangi kemenangan berarti bencana," ucap Domenech sebelum laga kepada situs resmi Federasi Sepak Bola Prancis.

Tapi, bukankah menang dengan mengenyahkan kualitas sangat mengecewakan pendukung, monsieu? (drew)

Posting Komentar