musik jazz


Jazz lahir dari campuran musik ragtime orang afrika, blues dan folk orang amerika dengan komponen musik klasik. Jazz dimainkan pertama kali di new orleans pada awal abad ke dua puluh oleh para budak berklulit hitam yang secara tidak langsung menginterpretasikan musik klasik orang eropa secara kasar dan bercampur dengan musik ragtime dan folk serta blues. Dan waktu itu nama musiknya bukan Jazz tapimasih Jass... hehehe

Kata Jazz atau Jass sendiri diambil dari nama parfum yang sering dipakai oleh PSK di new orleans pada saat itu.

Nah yang membedakan Jazz dari musik lainnya adalah elemen2 yang dimiliki musik Jazz, kalo gak salah ada delapan, yaitu :

1- Komposisi
2- Melodi
3- Harmoni
(no 1-3 ini adalah elemen standar musik, base dari musik Klasik dari Eropa)
4- rhythm (african rhythm, ada sejarahnya ni)
5- blues (blue note)
6- Improvisasi
7- Swing
8- Phrasing sound (tiap musisi pasti bakal beda2)

Yang skarang terjadi di masyarakat adalah dunia bisnis musik secara sepihak mengkategorikan beberapa band tertentu menjadi ber-genre Jazz dengan alasan bisnis. Biar bandnya laku! tapi pembodohan masyarakat..
padahal musik yang disajikan belum memenuhi syarat 8 elemen jazz di atas.

Tapi yang perlu ditekankan adalah: tidak semua musik Jazz jaminan pasti bagus.

Selain itu Jazz itu banyak sekali anak2 cabangnya. hasil perkawinan musik jazz (yang masih murni) dengan musik etnik daerah tertentu, atau genre musik lain.

Misal jadi Samba, bossanova, latin-jazz, soul-jazz, rock-jazz, dll, dll
sekarang saking banyaknya hasil perkawinan musik jazz dengan genre2 musik lain, sampe2 udah gak bisa lagi dikasih nama..

Posting Komentar